Bagaimana Kontraktor Interior Kantor Menentukan Fungsi Ruang Dan Tata Ruang?

By | January 9, 2019

Dalam ruang kerja bersama, zonasi ruang masih perlu dibagi dengan hati-hati. Zona publik digunakan untuk ruang pendaftaran, lalu ada zona semi-pribadi untuk berbagi ruang kerja, ruang diskusi terbuka, dan tempat-tempat untuk mengakomodasi fasilitas pendukung. Sedangkan zona privat digunakan untuk menempatkan area rapat tertutup. Zona ini harus diatur dengan cermat sehingga setiap kamar memiliki pencahayaan, penayangan, dan akses yang ideal.

Setelah menentukan fungsi ruang dan tata ruang, kenyamanan mendesain ruang kerja bersama dapat didukung oleh penggunaan furnitur yang ideal. Hal utama adalah penggunaan meja kerja dengan dimensi yang tepat dan kursi kerja yang ergonomis, yang mendukung postur seseorang di tempat kerja. Setiap meja dan juga sudut ruangan, harus didukung oleh fasilitas untuk soket dan penerangan yang cukup. Akan lebih ideal jika meja kerja didukung oleh penyimpanan atau penyimpanan barang pribadi. Sebagai alternatif, ruang kerja bersama juga dapat menghadirkan tempat bersantai, melalui penggunaan meja rendah dan bean bag, yang dilapisi karpet.

Menurut ahli Kontraktor Interior Kantor, selain elemen interior dan arsitektur, kehadiran berbagai fasilitas pendukung akan semakin melengkapi fungsi ruang kerja bersama. Mulai dari peralatan kantor, seperti mesin printer, mesin fotokopi dan pemindai, hingga layar besar untuk mendukung kegiatan presentasi. Sementara itu, peralatan dapur, seperti dispenser air putih dan pembuat kopi, akan menambah kenyamanan pengunjung untuk menghabiskan waktu di ruang kerja bersama.